-->

Ingin Bisnis Anda Menggurita? Cobalah 6 Langkah Strategis Ini

- 11/18/2017
Langkah Strategis dalam Mengembangkan Bisnis

Soreini.com - Membesarkan sebuah usaha akan mengalami pasang surut atau mengalami stagnasi. Masalah stagnasi dalam usaha merupakan masalah serius jika mengingat semakin kompetitifnya dunia usaha.

Kondisi seperti ini jika dibiarkan akan berakibat pada kesehatan perusahaan yang kita kelola, solusinya harus segera bangkit.

Perlu diingat pada saat kita ingin mengembangkan usaha namun salah memilih langkah justru mengakibatkan penurunan pada usaha yang kita kelola. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba 6 langkah berikut ini:

1. Identifikasi masalah

Dengan melakukan identifikasi masalah, kita dapat menemukan pokok masalah yang terjadi pada usaha kita. Identifikasikan critical point yang menjadi penyebab kemandekan, apakah dari faktor internal atau eksternal atau bahkan dari keduanya. Dengan mengidentifikasi masalah ini, maka Anda dapat menentukan langkah yang harus diambil untuk mengatasinya.

2. Review strategi pemasaran

Lihat kembali strategi pemasaran, apakah masih relevan dengan kondisi saat ini atau harus diubah. Perkembangan bisnis, terlebih pemasaran produk juga dipengaruhi ketepatan strategi pemasaran yang kita putuskan. Jika diperlukan, kita bisa membuat survei mengenai perubahan perilaku konsumen agar Anda bisa membuat strategi yang tepat sasaran.

Anda harus mengkaji semua sistem yang diterapkan dalam bisnis Anda. Apakah sistem yang diterapkan masih applicable untuk bisnis anda? Apakah sistem tersebut mendukung adanya inovasi? Bagaimana efektivitas dan efisiensi sistem tersebut?

Dengan terus menggali pertanyaan-pertenyaan demikian, maka Anda dapat menemukan jawaban-jawaban yang dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kemandekan.

4. Merekrut orang yang tepat

Jika kondisi bisnis sudah dalam kondisi parah akut, dimana tidak ada perkembangan sama sekali dan justru mengalami kemunduran, jika tidak segera mendapatkan solusi dapat mengancam kelangsungan bisnis kita.

Merekrut orang yang tepat, dalam arti memiliki pengalaman dalam meng-handle bisnis yang stagnan dan memiliki visi serta ide yang baru dan inovatif, akan sangat membantu meningkatkan kinerja bisnis Anda.

5. Evaluasi

Me-review atau mengevaluasi semua kegiatan usaha dalam satu bulan terakhir. Apakah dalam periode tersebut ada kesalahan kebijakan yang Anda ambil, apakah ada bagian dalam bisnis yang tidak sehat, dan apakah semua proses sudah dijalankan sesuai standar operasional.

6. Tindakan pencegahan

Melakukan tindakan pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati. Berdasarkan hasil evaluasi yang Anda lakukan dan critical point yang ditemukan, maka Anda dapat menentukan tindakan pencegahan untuk masing-masing poin memiliki potensi terjadi masalah.

Menghadapi keadaan ini, Anda perlu berpikir untuk menemukan inovasi baru agar bisnis Anda tidak tertinggal. Semoga berhasil!

Advertisement
comments