-->

16 Manfaat Baking Soda yang Harus Diketahui Wanita

- 12/16/2017

Soreini.com, Saat ini banyak tips, life hack yang dibagikan di youtube, medsos dan beberapa web, item-otem sederhana ini ternyata bermanfaat  untuk kehidupan sehari-hari kita.

Salah satu item sehari-hari yang bisa memberikan banyak manfaat adalah baking soda. Baking soda memiliki banyak kegunaan yang tidak kita sadari.

Baking soda adalah?

Dalam bahasa ilmiah baking saoda dikenak dengan sodium bicarbonate (NaHCO3). Yang terdiri dari ion natrium dan bikarbonat yang tampak sebagai serbuk halus.

Baking soda adalah salah satu ragi yang paling banyak digunakan untuk panggang. Baking soda akan membuat sebuah adonan yang dipanggang menjadi mengembang. Pada dasarnya senyawa alkali, ia menghasilkan karbon dioksida bila dicampur dengan asam. Gas ini menghasilkan gelembung kecil yang terjebak dalam adonan, menyebabkannya naik atau mengembang.

Tahukan anda jika baking soda yang sering ada dirumah ternyata memiliki kegunaan lain yang sangat bermanfaat.

Berikut ini adalah manfaat baking soda selain untuk mengembangkan kue:

1. Menghilangkan bau ketiak secara Alami


Baking soda memiliki khasiat yang ideal untuk melawan bau badan tanpa menggunakan bahan kimia. Campur 1/8 sendok teh baking soda dan sejumlah kecil air. Gosokkannya di bawah lengan Anda.


2. Menghilangkan iritasi gigitan serangga

Baking soda bisa memudahkan dan memberikan kelegaan dari gigitan nyamuk. Campur sedikit baking soda dan air. Terapkan ke bug bute dan biarkan tinggal di sana selama sekitar 10 menit.

3. Menghilangkan rasa mulas mulas (asam lambung)


Mulas terasa menjengkelkan dan menyakitkan. Untuk merasakan kelegaan instan tanpa minum obat, campurkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air (8 ons). Ini bisa menetralkan asam lambung.

4. Menghilangkan noda kulit dan komedo secara alami.

Baking soda adalah exfoliant alami. Campurkan bagian air dan baking soda yang sama. Oleskan dan gosokkan pada kulit untuk menghilangkan kulit dan komedo secara alami.

5. Memiliki rambut sehat secara alami

Gunakan baking soda untuk menghilangkan kotoran di kulit kepala dan helai rambut. Hal ini akan membuat rambut lebih mudah bertambah panjang dan kuat. Campurlah sebagian air dan baking soda yang sama dan masukkan campuran dalam botol peras. Oleskan ke rambut dan kulit kepala, dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya.

6. Membersihkan kulit mati dan Stretch mark

Karena baking soda adalah exfoliant alami, ia menghilangkan sel kulit mati. Terapkan itu ke stretch mark untuk membantu meringankan atau mengeluarkannya lebih cepat dan mudah.

7. Menghaluskan kulit secara alami

Kulit kasar biasanya terlihat di telapak kaki. Rendam kaki Anda selama 15 sampai 20 menit dengan air hangat. Setelah itu, campurkan baking soda dan air dan gosokkan pada sol dan tumit.

8. Membersihkan noda bandel pada pakaian

Apakah Anda lelah dengan noda yang keras? Baking soda akan melakukan triknya. Campur 4 sendok makan baking soda dengan 1/4 c air. Gunakan pasta pada noda untuk mengeluarkannya.


9. Menghilangkan bau kulkas dengan mudah


Saat lemari es berisi banyak makanan, baunya sering bercampur dan tidak menyenangkan. Untuk menghilangkan bau kulkas, keluarkan semua makanan, cabut kulkas dan masukkan baking soda ke piring. Biarkan itu duduk di sana untuk menyerap semua bau busuk.

10. Membersihkan perhiasan

Untuk menghilangkan noda dari perhiasan perak Anda, campurkan air, dan baking soda untuk membuat pasta kental. Oleskan dengan spons basah. Gosokkan pada perhiasan lalu bilas.

11. Mengobati infeksi bakteri /Abses

Abses adalah suatu penimbunan nanah, biasanya terjadi akibat suatu infeksi bakteri. Jika bakteri menyusup ke dalam jaringan yang sehat, maka akan terjadi infeksi. Sebagian sel mati dan hancur, meninggalkan rongga yang berisi jaringan dan sel-sel yang terinfeksi.

Baking soda digunakan sebagai pengobatan ampuh untuk abses. Ini mengurangi rasa sakit dan bengkak. Anda bisa mengoleskan pasta kue bakar pada abses dan biarkan selama beberapa menit.

12. Mengatasi kulit terbakar matahari

Untuk mengurangi sengatan sinar matahari, oleskan campuran baking soda ke daerah yang terkena. Ini secara otomatis mengurangi rasa sakit dan kemerahan pada kulit.

13.Melembutkan kacang dan kacang polong dengan cepat

Memasak kacang polong dan kacang polong sangat menyita waktu. Untuk melembutkannya lebih cepat, rendam dalam larutan baking soda.

14. Memutihkan Gigi

Untuk gigi putih, campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan jus lemon. Gunakan sikat gigi dan oleskan ke gigi.

15. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut atau halitosis sangat membuat frustrasi. Hal ini biasanya disebabkan oleh penumpukan residu dari makanan pembentuk asam seperti gula. Anda bisa mengobati kondisi ini dengan menggunakan baking soda. Larutkan sedikit baking soda ke dalam air dan gunakan sebagai cairan kumur.


16. Mengeluarkan serpihan kaca pada kaki anak


Campurkan 1/4 baking soda dengan air, sampai kental seperti pasta, pastikan benar benar kental.
Oleskan pada bagian kulit yang terkena serpihan kaca.
Tutup dengan menggunakan perban.
Biarkan selama 24jam, serpihan akan menonjol dikulit atau keluar diperban.
Jika terlihat menonjol angkat dengan alat penjepit (pastikan penjepit dalam kondisi steril)


Ternyata banyak sekali manfaat baking soda, jika infotmasi ini bermanfaat silahkan bagikan pada yang lain. (sumber elitereader)
Advertisement
comments