-->

"Beli Laptop Core i7 Ga Bisa Edit Video" ini Penjelasanya

- 11/11/2017

Soreini.com, Sekitar tahun 2015 banyak orang mengalami salah memilih produk laptop, kebanyakan dari pengguna laptop, pada saat mereka menentukan kebutuhan untuk editing, desain, atau kebutuhan kinerja tinggi mereka akan memilih jenis processor pada tingkatan paling tinggi intel core i7.

Namun banyak diantara pengguna laptop core i7 mengalami nasib yang kurang menyenangkan, produk yang ia pilih tidak mampu mensupport kebutuhannya,

Saya sudah membeli laptop core i7 tapi kok lambat, ga bisa video editing
Bahkan bisa jadi dengan laptop lama yang hanya menggunakan processor core i3 atau core i5 memiliki performa lebih baik.

Hal semacam ini tidak perlu terjadi jika kita memahami jenis processor intel, dilansir dari intel.com, intel mengklasifikasikan produkya dengan kode sebagai berikut.

Berikut ini Perbedaan Kode U,Y,HQ,HK,H,T,K Pada processor Intel




Alpha Suffix Description Example
Desktop
K Unlocked 7th Gen Intel® Core™ i7-7700K processor
T Power-optimized lifestyle 7th Gen Intel® Core™ i7-7700T processor
Mobile
H High performance graphics 7th Gen Intel® Core™ i3-7100H processor
HK High performance graphics, unlocked 7th Gen Intel® Core™ i7-7820HK processor
HQ High performance graphics, quad core 7th Gen Intel® Core™ i7-7920HQ processor
Y Extremely low power 7th Gen Intel® Core™ i7-7Y75 processor
U Ultra-low power 7th Gen Intel® Core™ i7-7500U processor

Tabel di atas merupakan produk line suffix yang bisa kita lihat dari seri prosesor yang digunakan oleh perangkat tertentu, misalnya seperti gambar dibawah ini.

Dengan mengetahui produk line suffix kita tahu apakah sebuah laptop yang akan kita beli sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak.


Processor Intel H

Processor dengan kode tersebut biasa digunakan untuk penggunaan standar, seperti light gamming dan desain grafis. Penggunaan daya pada processor Intel H adalah 35W. Selain itu Processor Intel H juga bisa dipadukan dengan kartu grafis NVidia GTX. Namun untuk saat ini jarang produk yang menggunakan processor intel H ini.

Processor Intel HK

High performance graphics, unlocked dari makna kode line suffix menjelaskan jika processor ini digunakan oleh produk High-end. Biasanya perangkat yang menggunakan produk ini akan menambahkan kartu grafis. Bahkan jika user masih merasa kurang puas dengan kemampuan processor Intel HK, user bisa melakukan overclock-ing. Processor ini cocok untuk orang yang membutuhkan kinerja tinggi, seperti gaming, video editing, tidak heran jika Intel HK ini dipilih oleh produsen laptop untuk produk bergengsi mereka.

Processor Intel HQ

Sama seperti Intel HK, Intel HQ ( High performance graphics, quad core) memiliki performa yang sangat mumpuni, namun tidak support untuk prosedur overclock. Dengan kemampuan yang baik dan harga lebih murah dibanding dengan Intel HK, processor Intel HQ banyak menjadi pilihan para pengguna yang membutuhkan kinerja tinggi.

Processor Intel Y

Jenis prosesor ini memiliki konsumsi daya paling rendah, antara 3.5W-7W! Prosesor jenis ini umumnya ditemukan pada Laptop jenis tablet atau 2-in-1 (convertible laptop). Cocok untuk penggunaan standar sehari-hari, seperti Microsoft Office dan browsing.

Processor Intel U

Jenis prosesor ini adalah yang paling umum ditemui di pasar consumer laptop. Performanya lebih baik dibandingkan jenis Y, namun masih dibawah jenis H/HQ/HK. Cocok untuk penggunaan standar sehari-hari, pemrograman, desain grafis, dan light gaming. Processor ini merupakan jenis yang paling banyak dipasaran.

Berdasarkan penjelasan diatas bisa dipastikan, jika seseorang menggunakan laptop core i7 namun tidak mendapatkan performa maksimum bererti ia membeli intel core i7 dengan kode U atau Y, processor core i7 dengan kode suffix tersebut dirancang untuk kebutuhan pekerjaan perkantoran biasa namun dengan performa yang bagus, selain itu memiliki kelebihan memiliki daya tahan baterai lebih lama.

Advertisement
comments