-->

Awas!!! Hal-hal Biasa ini BIsa Menyebabkan Putusnya Pembuluh Darah di Otak

- 11/09/2017
Ilustrasi Nonton Film Horor

Soreini.com, Supaya sel-sel syaraf otak berfungsi dengan baik, otak kita memerlukan suplay oksigen. Gangguan pada pasokan oksigen otak dapat menyebabkan kematian sel, yang berpotensi fatal jika tidak segera ditangani. Hal ini bisa menyebabkan stroke hingga kematian. Salah satu penyebab utama stroke adalah aneurisma yang pecah.



Stroke terjadi saat aliran darah ke bagian otak dihentikan oleh pembuluh darah pecah atau tersumbat. Sedangkan aneurisma sendiri terjadi ketika dinding arteri, yang membawa darah (mengandung oksigen) menjadi lemah, menyebabkan tonjolan yang tidak normal.



Bagian arteri yang melemah ini menjadi lebih kurus pada waktunya, terutama karena darah memberi tekanan pada dinding saat melewati pembuluh darah. Tonjolan ini bisa pecah dan menyebabkan perdarahan internal.

Aneurisma otak adalah pembesaran pembuluh darah pada otak akibat dinding pembuluh darah yang lemah. Saat aliran darah menekan dinding pembuluh darah, pembuluh darah akan menggembung seperti balon. Kondisi ini dapat berkembang menjadi sangat serius ketika aneurisma otak pecah dan terjadi perdarahan subarachnoid.(http://www.alodokter.com)

Meskipun aneurisma dapat terjadi di bagian tubuh manapun, bagian yang paling umum adalah otak, yang dapat menyebabkan stroke sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Aneurisma yang pecah mengeluarkan darah ke dalam ruang di otak, menyebabkan perdarahan subarachnoid (SAH). Peristiwa ini membutuhkan perhatian medis yang harus segera ditangani.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association (AHA) Stroke, para ilmuwan mencantumkan delapan faktor pemicu yang dapat meningkatkan risiko aneurisma yang pecah.

Dr. Monique Vlak, penulis utama studi dari University Medical Center di Belanda, mengatakan:

"Semua pemicu menginduksi peningkatan tekanan darah yang tiba-tiba dan singkat, yang tampaknya merupakan penyebab umum yang mungkin terjadi pada ruptur aneurisma."


Berikut ini 8 Penyebab Stroke:

Marah



Para ilmuwan telah menemukan bahwa kemarahan sebenarnya menyebabkan peningkatan hampir tujuh kali lipat risiko pendarahan otak. Kemarahan adalah satu-satunya pemicu emosional dalam daftar dan memiliki 1,3 persen risiko yang terkait. Emosi yang kuat seperti kesal atau marah bisa meningkatkan tekanan darah dan kemudian menyebabkan aneurisma pecah.


Kaget Atau Terkejut



Hati-hati bagi penggemar film horor! Terkejut atau kaget merupakan faktor pemicu aneurisma pecah. Meski nampaknya tidak signifikan, kaget sudah cukup untuk meningkatkan risikonya. Menurut survey kaget atau terkejut memiliki risiko 2,7 persen. Pertimbangkan bagi anda yang suka nonton film horor atau nge-prank seseorang.


Minum Cola atau Kopi



Faktor pemicu kejutan lainnya adalah minum cola atau minuman berkarbonasi. Kemungkinan karena cola memiliki kandungan cola. Populasi risiko yang diakibatkan karena minum cola adalah 3,5 persen. Meskipun kopi memiliki kesempatan lebih tinggi untuk berkontribusi pada pendarahan otak, cola dapat meningkatkan asupan kafein lebih banyak karena orang cenderung meminumnya lebih sering daripada kopi.


Tegang Saat Buang Air


Bagi penderita aneurisma otak, sembelit lebih dari sekedar gangguan. Para peneliti menemukan bahwa berusaha untuk buang air besar dapat menyebabkan peningkatan tujuh kali lipat risiko aneurisma yang pecah. Dokter biasanya merekomendasikan merawat pasien sembelit dengan aneurisma otak dengan obat pencahar untuk menurunkan risiko perdarahan subarachnoid. Ini memiliki populasi yang disebabkan risiko sebesar 3,6 persen.


Hubungan Seksual



Seks adalah penyebab utama berdarah otak karena bisa menyebabkan pusat kesenangan di otak menjadi aktif atau menyala, menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini memiliki populas risiko 4,3 persen, dan dapat meningkatkan risiko pecah 11,2 kali sementara masturbasi meningkat 5,9 kali.

Jika anda mengalami sakit kepala setelah berhubungan sebaiknya periksa ke dokter, namun bukan berarti penderita aneurisma tidak boleh melakukan hubungan, selama penderita mengatur tekanan darah dengan baik.

Meniup Hidung



Percaya atau tidak, tapi meniup hidung bisa mematikan bagi mereka yang memiliki aneurisma otak. Menghirup hidung meningkatkan ancaman aneurisma 2,4 kali meledak. Ini memiliki populasi dengan risiko 5,4 persen.

Hidung bertiup, batuk atau bersin mungkin untuk sementara meningkatkan tekanan intrakranial atau tekanan di dalam otak.


Latihan Fisik yang Berlebihan




Meskipun latihan fisik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dengan meningkatkan penurunan berat badan dan menurunkan tekanan darah, hal itu juga dapat memicu dinding pembuluh darah yang pecah bagi mereka yang memiliki aneurisma otak.

Ini memiliki risiko populasi sebesar 7,9 persen. Risiko pecah meningkat 3,5 kali, terutama bagi orang dengan aneurisma otak.

Latihan angkat beban berat, tegang dan kuat dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan aneurisma meledak. Latihan beban yang menyebabkan pengerahan tenaga ekstrim, berlawanan dengan latihan aerobik, menghasilkan peningkatan tekanan darah akut, yang berbahaya bagi orang dengan aneurisma yang tidak diketahui.

Itulah sebabnya penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh sebelum mendaftar ke gym kebugaran setempat atau mengikuti latihan beban. Bagi mereka yang tidak menyadari jika menderita aneurisme otak justru bisa berbahaya.


Namun, latihan fisik penting untuk kesehatan dan kebugaran. Jika Anda didiagnosis dengan aneurisma, lebih baik hindari latihan angkat dan olah raga yang berat. Anda dapat meminta dokter untuk latihan yang direkomendasikan seperti berjalan kaki dan aktivitas olah raga ringan sampai sedang lainnya.
Bagi mereka yang tidak memiliki aneurisma otak, olahraga teratur diperlukan untuk menghindari mengalami aneurisma otak.

Cara Mengetahui Gejala Aneurisma Otak?



Mungkin sulit untuk mendiagnosis aneurisma otak karena sebagian besar gejalanya dapat dikaitkan dengan kondisi medis lainnya. Seringkali, orang dapat menyebabkan sakit kepala akibat stres, kurang tidur atau perubahan iklim.

Gejala umum aneurisma otak meliputi sakit kepala lokal, penglihatan kabur atau ganda, kesulitan berbicara, lemah, dan mati rasa.

Bagi penderita yang pada tahap tertentu gejalanya yang dialami menjadi lebih intens. Ini termasuk sakit kepala yang tiba-tiba dan sangat parah, kelopak mata terkulai, penglihatan kabur, pusing, leher kaku, kejang, dan hilangnya kesadaran.

Dalam beberapa kasus, orang tersebut mungkin mengalami mual, muntah, rasa sakit tiba-tiba di belakang atau di atas mata, perubahan kesadaran mental tiba-tiba, mati rasa dan fotofobia atau kepekaan terhadap cahaya.

Jika Anda mengalami gejala ini, Anda perlu mencari pertolongan medis, terutama jika Anda memiliki hipertensi. Mengelola tekanan darah tinggi penting dalam mencegah aneurisma otak. Apalagi, meski Anda sama sekali tidak memiliki gejala, menjalani tes untuk mengetahui apakah Anda memiliki aneurisma otak tidak akan sakit, terutama bagi mereka yang memiliki keluarga atau anggota keluarga memiliki kondisinya.
Advertisement
comments